Rabu, 18 Januari 2017

Sabar itu Bukan Hanya Diam

Selamat siang semuanya. Disini penulis ingin melanjutkan tema yang sebelumnya telah di post, yaitu tentang sabar. Banyak diantara kita yang masih mengira kalau sabar itu tidak melakukan apa-apa, iya kan?
Apa saja sih yang bisa kita lakukan disaat kita bersabar? Banyak hal yang bisa kita lakukan tergantung kita bersabar dalam hal apa. Satu contoh, ketika kita ingin sekali membeli suatu barang tapi kita tidak ada biaya untuk membelinya, disinilah peran sabar bekerja. Kita bersabar dan terus mengumpulkan uang sampai kita bisa membeli barang yang diinginkan.


Konsep kesabaran berbeda-beda untuk setiap orang, tapi kebanyakan orang sabar selalu bisa menempatkan dirinya agar tetap berdo'a didalam kesusahan, tidak menggunakan emosi walau sedang marah, dan lain sebagainya. 

Disini penulis hanya ingin berbagi kepada kalian semua, hal utama dan terpenting ketika menerapkan kesabaran didalam hidup ini, yaitu:

1. Tahan segala emosi yang kalian rasakan ketika mendapatkan sebuah kabar.
Contoh: Sering kali kita mendapat kabar yang belum diketahui kebenarannya, untuk itu jangan langsung mengartikan bahwa kabar itu adalah benar, kalian bisa mencari informasi tentang kebenaran dari kabar tersebut agar jelas dan tidak ada kekeliruan.

2. Tetap tenang disaat terkena musibah atau hal-hal yang tidak diinginkan.
Contoh: Lalu lintas selalu bisa menjadi contoh untuk kita dalam bersabar, banyak orang yang terpancing emosi ketika kendaraannya terserempet kendaraan lain. Cobalah untuk tidak terpancing emosi disaat seperti itu, berusahalah untuk tenangkan hati dan pikiran agar tidak emosi. Disamping merugikan diri sendiri, bisa juga merugikan orang lain (Jalanan menjadi macet karena emosi ditengah jalan)

3. Relakan apa yang tidak bisa dimiliki
Contoh: Setiap yang kita miliki, pasti ada masanya akan berakhir/pergi, namun sebagian orang tidak bisa merelakannya. Itulah mengapa banyak orang yang tidak bisa melangkah maju hanya karena apa yang telah pergi darinya tak bisa kembali. Oleh karena itu belajarlah merelakan apa yang telah pergi, cara termudah adalah mencari hal baru yang bisa menggantikan apa yang telah pergi.

Mungkin kalian pernah merasakan hal diatas (Penulis pun pernah merasakan hal tersebut), namun begitulah konsep kesabaran bekerja, dimana kita ditempatkan didalam kondisi yang memaksa kita untuk cepat memilih tanpa berpikir jangka panjangnya. Orang-orang yang menerapkan konsep kesabaran pasti bisa melalui itu semua, karena orang-orang sabar selalu punya konsep sendiri untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

Pesan penulis pada postingan kali ini adalah, "Bersabarlah! Apapun yang terjadi nantinya, itu adalah yang terbaik untuk kita semua."

Jika ada yang ingin berbagi pengalamannya tentang kesabaran, kalian bisa salurkan melalui kolom komentar. Penulis akan sangat senang jika kalian bisa berbagi. Terima kasih karena kalian bersedia meluangkan waktu untuk membaca postingan ini. Sampai jumpa di post berikutnya, semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar